Serunya Wisata Jeep Lava Tour Merapi
Wisata lava tour merapi

Liburan tahun baru 2018 kemarin sangat mengesankan bagi admin saat berlibur ke Jogja. Dengan menggunakan paket wisata Jogja dari Medan travel agent Medan Advisor ini kami berangkat untuk menikmati serunya liburan menjelajah lereng gunung Merapi menggunakan Jeep. Bagaimana keseruan perjalanan kami, simak terus uraian “Serunya Wisata Jeep Lava Tour Merapi 2018” dibawah ini.

Berangkat dari Bandara Kualanmu Medan menggunakan pesawat Air Asia, kami pun sampai di Bandara Adi Sucipto pukul 21.00 Wib. Sesampainya di Bandara kami langsung menuju penginapan yang sudah kami pesan sebelumnya yakni di Hotel Adistana Jogja untuk langsung beristirahat. Keesokan harinya kami bangun pada pukul 03.00 Wib untuk menuju lereng gunung Merapi menggunakan mobil rental yang sudah dipesan sebelumnya.

Tibalah kami pada pos penyewaan mobil jeep yang akan membawa kami berkeliling di seputar lereng gunung Merapi pada pukul 04.30 wib. Akhirnya kami melakukan perjalanan dengan mobil jeep untuk menuju lereng gunung Merapi dan menikmati sunrise yang begitu indahnya.

Puas berfoto-foto dengan latar sunrise dan gunung Merapi, kami lantas menuju bunker kali  adem yang tak jauh dari lokasi. Konon di bunker ini pernah menjadi saksi panasnya awan letusan gunung merapi yang meletus pada tahun 2010 lalu dan menewaskan beberapa orang, tim sukarelawan yang bertugas disana.

Setelah masuk kedalam ruang bunker kali adem  dan melihat-lihat ruangan yang ada, kami pun menuju lokasi lainnya yang tak jauh dari lokasi sebelumnya. Tujuan kami kali ini adalah “Batu Alien”, dimana batu tersebut adalah material batu dari bekas letusan Gunung Merapi yang jika dilihat mirip dengan wajah Alien.

Untuk menuju batu alien kami dibawa keliling kampung melewati track yang cukup memacu adrelanin kami. Sebab jalan yang dilalui berbatu pasir dan curam. Nah, inilah dia bongkahan batu yang sangat besar dari letusan gunung merapi yang terpental bermil-mil jauhnya.

Kalau dilihat sih sangat besar dan  mirip dengan alien hehehe. Disekitar batu alien juga ada aktivitas penambangan pasir di aliran lava gunung Merapi. Sudah kurang lebih 7 tahun lamanya berlalu, kini aktivitas penambangan masih tetap berlanjut hingga sekarang.

Puas melihat-lihat, selanjutnya kami menuju lokasi ke tiga yakni “Museum Sisa Hartaku” di dusun Petung, desa Kepuharjo yang tak jauh dari lokasi Batu Alien ini. Dalam perjalanan kesana kami banyak melihat beberapa peninggalan rumah warga yang tak berpenghuni lagi. Yang terlihat hanyalah aktivitas warga yang sedang mencari pakan ternaknya.

Baca Juga : Pantai Penyisok Lingkoq Datuk, Salah Satu Surga Tersembunyi Di Lombok

Sampailah kami di Museum Sisa Hartaku ini kurang lebih 10 menit lamanya dari lokasi Batu Alien. Di Museum ini, saya melihat keadaan rumah yang rusak parah dan beberapa benda peninggalan yang terkena dampak letusan Merapi tersebut. Ada satu benda yang cukup berkesan yaitu “jam erupsi”. Jam ini merupakan satu-satunya jam yang menunjukkan waktu ketika rumah atau daerah di wilayah tersebut hancur akibat erupsi gunung Merapi.

Tak terasa, puas berkeliling menggunakan jeep di wisata lereng Gunung Merapi, akhirnya kamipun kembali ke patung kuda dimana kami akan dijemput untuk kembali ke penginapan. Namun ditengah perjalanan, kami melawati jalur sungai kecil bebatuan yang ada dibawah jembatan untuk mengarungi aliran sungai bebatuan yang sangat jernih.

Dengan jeep yang di laju kencang, lagi-lagi adrenalin kami ini terasa diuji. Sambil berpegangan kuat di dalam mobil jeep, sang driver sekaligus pemandu kami dengan mahirnya berputar-putar mengendarai jeep nya di aliran sungai yang membuat kami kebasahan terkena percikan air sungai tersebut. Nah, artikel ini juga sebelumnya sudah pernah admin posting di kumparan dengan link dibawah ini :

https://kumparan.com/arman-syah/serunya-liburan-jeep-wisata-merapi-bersama-tiket-com

About Author

client-photo-1
medanadvisor

Comments

August 14, 2018
[…] Baca Juga : Serunya Wisata Jepp Lava Tour Merapi […]

Leave a Reply