5 Bangunan Bersejarah di Indonesia yang Menarik Untuk Dikunjungi
5 Tempat Wisata Bersejarah di Indonesia

Perjalanan panjang sejarah Indonesia telah meninggalkan banyak sekali bangunan-bangunan dan lokasi monumental. Dari zaman kerajaan Nusantara, zaman penjajahan, hingga zaman modern membuat Indonesia kaya akan tempat-tempat bernilai historis tinggi. Tak heran jika tempat-tempat yang memiliki daya tarik ini akhirnya dinobatkan sebagai destinasi wisata yang membuat masyarakat lokal maupun mancanegara rela mendatanginya untuk memuaskan rasa ingin tahu.

Berikut ini 5 tempat wisata bersejarah yang ada di Indonesia yang layak kamu datangi untuk melakukan napak tilas perjalanan sejarah Indonesia dari berbagai zaman.

1. Lubang Buaya


Berada di kawasan Jakarta Timur, Lubang buaya merupakan tempat di mana momen G30S/PKI jadi sejarah kelam bangsa Indonesia. Di sinilah para pejuang disiksa dan dibunuh lalu dimasukkan ke dalam lubang. Monumen Lubang buaya ini bisa didatangi para wisatawan dari Selasa sampai Minggu mulai pukul 9 pagi hingga pukul 4 sore. Alamatnya di Jalan Rw. Binong no. 55, RT 03/10, Bambu Apus, Cipayung.

2. Lawang Sewu


Tempat wisata bersejarah selanjutnya ialah Lawang Sewu. Lawang Sewu merupakan gedung peninggalan Belanda yang menjadi saksi kejamnya era penjajahan pada masa itu. Dulunya, Lawang Sewu merupakan penjara untuk menahan warga Indonesia sehingga terkesan jadi destinasi wisata mistis. Kamu bisa mendatangi bangunan tua ini di Komplek Tugu Muda, Jalan Pemuda, Sekayu, Semarang Tengah, kota Semarang. Lawang Sewu ini merupakan destinasi wajib bagi wisatawan yang datang ke Semarang dan sangat mudah diakses karena berada di pusat kota.

3. Masjid Raya Medan


Masjid Raya Medan jadi salah satu ikon kota Medan yakni simbol kejayaan kesultanan Deli pada masa lalu. Masjid yang berada di Jalan Sisingamangaraja ini dibangun pada tahun 1906 dan selesai 2 tahun kemudian. Kalau kamu berwisata ke kota Medan di Sumatera Utara, tentu destinasi ini wajib untuk kamu singgahi, karena masih aktif digunakan sebagai tempat beribadah pula.

4. Benteng Ujung Pandang atau Fort Rotterdam


Benteng Ujung Pandang atau yang sering disebut dengan Fort Rotterdam ini merupakan bangunan ikonik peninggalan zaman kerajaan Gowa-Talo. Benteng yang hingga saat ini masih kokoh berdiri terus dilestarikan sebagai cagar budaya dan jadi tujuan wisata menarik di kota Makassar. Kamu bisa datang ke lokasinya yang berada di Jalan Ujung Pandang, Bulo Gading, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Destinasi ini tentunya juga merupakan salah satu destinasi ikonik buat kamu yang jalan-jalan ke Sulawesi Selatan.

5. Candi Prambanan


Salah satu candi ikonik di Indonesia ini berada di Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Candi Prambanan adalah peninggalan bersejarah dari abad 19 yang juga menjadi informasi penting tentang masa lalu Indonesia yang berbasis kerajaan terutama di tanah Jawa. Pastinya, Candi Prambanan jadi salah satu destinasi paling dituju saat berada di Yogyakarta dan sekitarnya.

Destinasi monumental ini biasanya dilatarbelakangi oleh cerita-cerita menarik yang bisa kita petik hikmahnya. Tentunya, mendatangi tempat wisata bersejarah ini akan memberikan banyak manfaat seperti menambah wawasan tentang sejarah bangsa, hingga memiliki pandangan ke depan untuk membangun Indonesia jadi lebih baik lagi. Betapa kayanya Indonesia dengan beragam destinasi sejarah ini membuat generasi muda punya tanggung jawab untuk menoreh sejarah positif untuk masa depan bangsa.

Sumber : https://www.ucnews.id/news/5-Tempat-Wisata-Bersejarah-di-Indonesia-yang-Menarik-untuk-Dikunjungi/4069425520819729.html

About Author

client-photo-1
medanadvisor

Comments

Leave a Reply