10 Air Terjun Terkenal Di Sumatera Utara
10 air terjun terkenal di sumatera utara

Air Terjun merupakan tempat alami yang menjadi tujuan wisata bagi banyak orang. Keindahan air terjun dengan suara guyuran air terjun yang terasa tenang, mampu menghilangkan rasa jenuh dan penat dari aktifitas pekerjaan setiap harinya. Di Indonesia ada banyak wisata air terjun yang bisa kita kunjungi, salah satunya yang ada di Sumatera Utara dengan memiliki air terjun tertinggi di Indonesia.

Nah, bagi kamu para wisatawan yang hobi berwisata alam, jangan ngaku traveler sejati bila belum mengunjungi wisata air terjun ini. Apa saja daftar air terjun yang ada di Sumatera Utara? Berikut 10 air terjun yang unik dan terkenal yang ada di Sumatera Utara :

  1. Air Terjun Dua Warna Deli Serdang
    air terjun dua warna
    Air terjun dua warna

    Air terjun dua warna ini merupakan salah satu keajaiban alam di Sumatera Utara yang sudah sangat terkenal. Terletak di Desa Durin Sirugun, kecamatan Sibolangit, kabupaten Deli Serdang, provinsi Sumatera Utara. Dikatakan Air terjun Dua Warna dikarenakan Air terjun ini memiliki dua warna yang berbeda,

    Pada saat jatuh, airnya berwarna putih dan sewaktu sampai ke bawah airnya berwarna biru. Air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 75 meter ini masih terletak di kawasan Taman Nasional Gunung Leuser. Bisa ditempuh sekitar 1,5 jam dari Kota Medan, dan harus berjalan kaki untuk menuju ke lokasi air terjun tersebut.

  2. Air Terjun Sipiso-piso
    Air terjun Sipiso-piso

    Air terjun yang sudah sangat terkenal ini merupakan air terjun tertinggi di Indonesia. Terletak di desa Tongging, kecamatan Merek, kabupaten Karo, provinsi Sumatra Utara. Untuk menuju ke lokasi ini memakan waktu sekitar 2 atau 3 jam dari kota Medan.

    Nah, Air Terjun Sipiso-piso yang memiliki ketinggian 120 meter ini berada di sekitar tepi Danau Toba bagian utara, dan bisa langsung menyaksikan indahnya alam Danau Toba. Untuk mencapai air terjun ini, kita harus menuruni anak tangga yang banyak, maka dari itu diperlukan stamina yang kuat.

  3. Air Terjun Tongkat Langkat
    Air Terjun Tongkat di Langkat
    Air Terjun Tongkat di Langkat

    Air terjun Tongkat memiliki ketinggian bekisar 30 meter, berada di lokasi wisata Pelaruga Jungle Tracking, di desa Rumah Galuh, kecamatan Sei Bingei, kabupaten Langkat. Wisata Pelaruga ini diambil dari nama komunitas pemandu alam yang berada di daerah tersebut, bernama Pelaruga. Untuk mencapai lokasi palaruga ini dibutuhkan waktu sekitar 1 jam perjalanan dari kota Medan. Dinamakan Air terjun Tongkat karena terdapat satu batang kayu besar yang menyerupai tongkat yang tertancap di tebing air terjun tersebut.

  4. Air Terjun Sampuran Putih Deli Serdang
    Air terjun sampuran deli serdang
    Air terjun Sampuran Deli Serdang

    Air terjun ini terletak tepatnya di Desa Cinta Rakyat atau kerap disebut Basukum, di kecamatan Sibolangit, kabupaten Deli Serdang, propinsi Sumatera Utara. Memiliki ketinggian 3 meter dan memiliki tujuh tingkatan di mana hanya satu tingkatan yang dapat terlihat, sisanya tertutup bebatuan.

    Untuk menempuh lokasi ini diperlukan waktu sekitar 2 jam dari Medan. Jalan menuju lokasi ini bisa dikatakan cukup curam, untuk itu diperlukan persiapan yang lengkap seperti mengecek kendaraan sebelum berangkat. Tapi semua itu akan langsung terganti dengan indahnya air terjun ini.

  5. Air Terjun Sigura-gura
    Air-Terjun-Sigura-gura
    Air-Terjun-Sigura-gura

    Air terjun ini merupakan anak sungai yang berasal dari Air Terjun Ponot, Sumatera Utara. Air Terjun Sigura-gura menjadi air terjun tertinggi di Indonesia dengan suara air yang dapat terdengar hingga kejauhan dan memiliki aliran yang deras. Ketinggian air terjun ini mencapai hingga 250 meter dan bermuara di Danau Toba.

    Air Terjun Sigura-gura dikelilingi oleh tebing bebatuan yang sangat terjal dan licin serta hutan rimba yang alami. Debit air yang Deras yang dikeluarkan dari air terjun ini dimanfaatkan oleh pemerintah sekitar untuk membuat bendungan yang dinamai Bendungan Sigura-gura yang saat ini menjadi sumber pembangkit listrik tenaga air (PLTA).

  6. Air Terjun Bah Biak, Sidamanik
    Air Terjun Bahbiak Sidamanik
    Air Terjun Bahbiak Sidamanik

    Air terjun Bah Biak berada di tengah kebun teh Bah Butong, yaitu di Kecamatan Sidamanik, kabupaten Simalungun atau 30 menit dari kota Pematang Siantar, Sumatera Utara. Merupakan salah satu destinasi wisata yang sedang hits bagi warga Pematang Siantar dan sekitarnya. Selain bisa melihat keindahan air terjun tersebut, wisatawan juga bisa menikmati pemandangan kebun teh saat menuju lokasi air terjun ini.

  7. Air Terjun Pelangi Danau Linting
    Air Terjun Pelangi
    Air Terjun Pelangi

    Dinamkan Air Terjun Pelangi karena pada saat siang hari pancaran sinar matahari yang menembus air akan memunculkan pelangi yang sangat indah. Terletak di Desa Tanjung Timur, Deli Serdang, Sumatera Utara. Daerah air terjun ini merupakan daerah Danau Linting, untuk mencapai lokasi ke air terjun para wisatawan harus menuruni tangga ke bawah. Membutuhkan waktu 2 jam perjalanan dari Medan untuk sampai di tempat ini.

  8. Air Terjun Tarunggang Deli Serdang
    Air Terjun Tarunggang
    Air Terjun Tarunggang

    Masih berada di kawasan Deli Serdang. Desa Rumah Lengo, Kecamatan Sinembah Tanjung Muda Hulu, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Perjalanan dari Medan memakan waktu sekitar 1 jam. Ketinggian air terjun ini sekitar 15 meter. Kelebihan yang dimiliki air terjun ini adalah memiliki pasir putih. Suasana ini membuat kita seolah-olah sedang berada di Pantai.

    Satu lagi yang menjadi daya tarik air terjun ini adalah adanya goa dibalik air terjun ini. Selain sebagai lokasi wisata pemandian, air terjun ini juga sering digunakan sebagai tempat memancing bagi warga. Ini dikarenakan masih banyaknya ikan di daerah air terjun ini. Nah, jika teman-teman berminat datang ke air terjun ini, segera siapkan pancing dan gala untuk memancing juga ya.

  9. Air Terjun Namo Belanga Langkat
    Air Terjun Namo Belanga
    Air Terjun Namo Belanga

    Air terjun menjadi daftar air terjun yang sering dikunjungi masyarakat. Sering disebut Pemandian Alam Dewi Shinta yang terletak di Desa Rumah Galuh, kecamatan Sei Bingai, Kabupaten Langkat. Perjalanan dari Medan menuju tempat ini berkisar 2 jam. Salah satu kelebihan air terjun ini adalah airnya pemandian nya yang bening dan biru, sehingga kita dapat melihat dasarnya.

  10. Air Terjun Binangalom
    Air terjun Binagalom
    Air terjun Binagalom

    Air terjun Binagalom merupakan air terjun yang berasal dari mata air dan langsung mengalir ke Danau Toba. Destinasi ini sangat diminati oleh para wisatawan lokal maupun mancanegara dan merupakan destinasi yang baru ditemukan yang informasinya menyebar dari mulut ke mulut.

    Disini, para wisatawan bisa melakukan aktivitas berenang, selfie, sampai melihat burung bangau beterbangan mencari ikan. Ketinggian air terjun ini sekitar 70 meter dan memiliki 7 tingkatan. Untuk menuju air terjun Binagalom, wisatawan bisa menyewa kapal penumpang dari kota Parapat, dengan waktu tempuh 30 menit.

Baca Juga : Wisata dan Keindahan Air Terjun Mursala

Nah, itulah 10 air terjun terkenal yang ada di Sumatera Utara. Kamu bisa memilih lokasi air terjun mana yang akan kamu kunjungi dan menikmati suasana alam keindahan air terjun yang begitu indah.

About Author

client-photo-1
medanadvisor

Comments

July 18, 2018
[…] Baca Juga : 10 Air Terjun Terkenal Di Sumatera Utara […]
July 20, 2018
[…] Baca Juga : 10 Air Terjun Terkenal Di Sumatera Utara […]

Leave a Reply